Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Pernyataan Panjang Soal Tradisi Cium Tangan, Dory Harsa Bikin Kagum

img_title
Dory Harsa
Sumber :

JagoDangdut – Penabuh kendang Didi Kempot tak hanya tampan. Dory Harsa juga memiliki sikap yang sopan serta hormat kepada siapapun, terutama yang usianya lebih tua. Hal itu diperlihatkan melalui unggahan di Instagram pribadi, @doryharsa.

Nampak, Dory tengah mencium tangan Didi Kempot di atas panggung. Lewat keterangan foto, pemilik nama lahir Dory Haryanto Saputra bikin pernyataan soal tradisi cium tangan yang menurutnya sebagai ajaran penting.

"Menghormati orangtua atau guru adalah satu ajaran etis-moral yang harus kita jaga dan senantiasa lakukan. Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai penghormatan untuk orangtua atau guru. Salah satunya adalah menjaga adab tradisi mencium tangan," tulis Dory pada postingan, 5 Februari 2020 lalu.

Dijelaskan oleh Dory, makna cium tangan ialah doa penyertaan. Ia ambil contoh orang tua dan seorang guru. Menurut duda anak 2 itu, jika cium tangan dijadikan sebagai kebiasaan, maka akan menghasilkan keberkahan melalui doa tulus dari orang tua dan guru tersebut.

"Melalui tradisi mencium tangan, secara simbolik, sesungguhnya kita sedang memohon ridlo orangtua atau guru dan orangtua yang menyayangi anaknya pasti akan memberikan ridlo itu, demikian juga guru terhadap muridnya," kata pria yang diisukan dekat dengan biduan cantik, Nella Kharisma.

"Oleh karena itu, keberkahan dari orangtua dan guru akan senantiasa mengalir melalui tradisi mencium tangan dalam bentuk doa tulus-ikhlas bagi kebaikan dan kesuksesan anak atau murid. Dengan begitu, manfaat yang sangat besar akan kita rasakan jika selalu menjaga dan melakukannya sebagai sebuah kebiasaan," sambungnya.

Baca juga: Mengejutkan! Bukan Dory Harsa, Nella Kharisma Ketagihan Sama Pria Ini?

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit