Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Keluarga Elvy Sukaesih Akhirnya Buka Suara: Dia Alami Skizofrenia

img_title
Elvy Sukaesih
Sumber :

JagoDangdut – Akhirnya pada malam ini Elvy Sukaesih dan keluarganya membuka suara terkait keadaan anak pertamanya, Haedar yang dilarikan ke Rumah Sakit Khusus Duren Sawit, Jakarta Timur. Hal ini terjadi setelah Haedar kedapatan tengah mengamuk dan membuat kerusuhan disebuah warung lantaran tak diberi utang 3 bungkus rokok.

Anak kedua Elvy, Fitria Sukaesih yang menjadi wakil dari keluarga menjelaskan bahwa gangguan kejiwaan yang dialami sang kakak itu disebut dengan skizofrenia. Suatu penyakit yang dialami Haedar menyebabkan terjadinya halusinasi, kekacauan, hingga perubahan perilaku yang terjadi secara tiba-tiba biasa disebut dengan mood swing.

“Dia khayalan sama kenyataan enggak bisa dibedain. Dia seperti kenyataan padahal itu omongan yang dalam khayalan dan mungkin ada paranoidnya, ada ketersinggungannya, ya jadi seperti itu,” ujar Fitria saat ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu, 14 September 2019.

Elvy Sukaesih dan Fitria Elvy

Fitria mengaku bahwa keseharian sang kakak tidaklah berperilaku aneh. Haidar juga masih bisa mengingat orang bahkan dapat melalukan aktivitas sehari-hari. Namun terkadang Haedar mudah terpancing emosinya bisa meluap-luap seperti yang terjadi pada warung rokok kemarin malam.

“Kalau mau dibilang (maaf) orang yang hilang ingatan, sakit jiwa Haedar tidak seperti itu karena dia masih ingat semua masih bisa bicara, masih salat, masih ngaji, masih segala macem,” jelas Fitria.

Penyakit Skizofrenia ini sudah diketahui keluarga sejak tahun 2016, dan beberapa kali mendapatkan perawatan untuk menyembuhkan skizofrenia pada tahun 2017 dan terakhir 2018 dirawat di RSKD Duren Sawit.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit