Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Festival Ikan Nusantara Kembali Digelar dengan Tema “Fish: Superfood for the Better Future”

img_title
Festival Ikan Nusantara

JagoDangdut – Sebagai negara maritim dan kepulauan, Indonesia diberkati dengan sumber daya perikanan yang melimpah. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, produksi perikanan Indonesia pada tahun 2019, dari sektor penangkapan dan budidaya, mencapai 13,46 juta ton (tanpa rumput laut) atau 23,42 juta ton (termasuk rumput laut). 

Sumber daya yang besar ini tentu dapat menjadi sumber protein bagi masyarakat Indonesia. selain sebagai sumber protein, ikan juga memiliki nutrisi yang baik karena mengandung Omega 3 tinggi dan asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga bisa menjadi pilihan utama sumber protein masyarakat. 

Untuk mengenalkan dan mengampanyekan makan ikan, Himpunan Alumni dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Pemerintah Kota Bogor akan kembali menggelar Festival Ikan Nusantara (FINA) dengan tema “Fish: Superfood for the Better Future”. Superfood sendiri merupakan istilah bagi sumber makanan yang memiliki nutrisi dan manfaat yang tinggi bagi kesehatan. 

Ketua Panitia FINA 2022, Rully Setya Purnama mengatakan, acara ini merupakan salah satu program kerja Himpunan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (HA FPIK IPB) yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang potensi dan manfaat dari produk perikanan. Baik yang berasal dari kegiatan budidaya maupun penangkapan. Selain itu juga, tentunya untuk mendorong masyarakat agar mengkonsumsi produk perikanan yang berasal dari berbagai penjuru nusantara.

“FINA 2022 akan dilaksanakan tanggal 18 - 20 November 2022 di IPB International Convention Center, Bogor. Ada 7 rangkaian utama FINA 2022 dimulai dengan FINA Berbagi, Lomba Instagram & Tiktok, Bazaar Kuliner, Bimbingan Teknis Pembiayaan UMKM, Lomba Mewarnai, Lomba Masak hingga Demo Masak yang akan menghadirkan Runner-up Master Chef Indonesia season 3 yaitu Chef Brian Wicaksono. Rangkaian acara ini sekaligus untuk memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh pada 21 November setiap tahunnya.” kata Rully. 

Rektor IPB University, Prof. Arif Satria menyambut baik adanya rangkaian acara FINA 2022 yang turut mengenalkan ikan sebagai superfood yang kaya manfaat. Menurutnya, “Jika bangsa kita ingin kuat dan maju, maka warganya harus suka makan ikan.” Karenanya beliau berharap, FINA 2022 bisa memberikan dampak bagi warga di seluruh nusantara agar semakin gemar mengkonsumsi ikan. 

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) KKP, I Nyoman Radiarta mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Potensi tersebut dapat menjadi sumber daya protein nasional yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan konsumsi ikan nasional. Ia mengatakan, tingkat konsumsi ikan nasional pada tahun 2021 mencapai 55,37 kg/kapita/tahun dan ditargetkan meningkat menjadi 59,53 kg/kapita/tahun pada 2022. 

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit