Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Ketahui Perbedaan Dangdut dan Campursari Di Sini!

img_title
Dangdut vs Campursari
Sumber :

JagoDangdut – Musik dangdut terus berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Beberapa musisi bahkan mencoba memadukan unsur-unsur dangdut dengan musik lainnya. Hal tersebut berimbas pada semakin kayanya ragam jenis musik dangdut.

Selain dangdut koplo, genre musik campursari pun kerap disebut-sebut memiliki kesamaan akar, yakni dari dangdut. Lantas, apa perbedaan dari campursari dan dangdut?

Campursari

img_title
Dangdut vs Campursari
Foto :
  • -

Berbicara tentang campursari tak bisa lepas dari nama Didi Kempot. Popularitas campursari sampai dikenal luas tentu saja berkat kehadiran Didi Kempot. Sepanjang karirnya, Didi Kempot selalu memperkenalkan musik campursari.

Campursari sendiri dicetuskan oleh R.M. Samsi yang tergabung dalam grup Campursari di RRI Semarang. Namun popularitas campursari baru benar-benar dikenal orang lewat musisi Manthous di era 90-an.

Pada saat itu campursari dianggap musik yang berbeda hanya karena memasukkan instrumen keyboard dam gitar bass sebagai pengiringnya. Namun warna musik yang dibawakan Manthous sendiri cukup beragam karena memadukan rock, reggae, Gambang Kromong, dengan langgam Jawa.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit