Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Kisah Dangdut Koplo Monata, Sodiq Monata Meraih "Tahta" Raja Dangdut

img_title
Sodiq Monata
Sumber :

JagoDangdut – Para pecinta dangdut koplo Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan pedangdut Sodiq Monata. Sodiq merupakan salah satu musisi dangdut koplo Monata yang sering muncul di televisi akhir-akhir ini.

Bahkan, Sodiq mendapat julukan sebagai 'Raja Dangdut Koplo'. Meski begitu, tak banyak yang tahu bila kesuksesannya ternyata diraih mulai dari bawah dengan susah payah sejak beberapa tahun yang lalu.

"Perjalanan karier saya jika dari awal sampai hari ini, pengalaman pahit sudah saya telan semuanya. Ibarat puasa, ya sekarang ini saatnya hari raya, waktunya panen," ujar Sodiq di Malang, beberapa waktu lalu.

Pria yang bernama asli Sodiq Rifa'i ini mengawali kariernya dengan merilis album bersama Monata Group. Kariernya yang cemerlang bersama grup tersebut yang menjadikan dirinya lebih dikenal dengan nama Sodiq Monata.

Namun, sebelum ia dikenal, Sodiq ternyata dulunya adalah seorang pengamen jalanan. Ia mengaku biasa ngamen dari kampung ke kampung, dari komplek ke komplek hingga dari satu bus ke bus yang lain.

"Pengalaman pahit saya mulai dari ngamen ya sampai kayak sekarang ini. Dulu kan enggak pernah saya diwawancarai kayak gini," ujarnya sambil tertawa.

Sodiq menceritakan dirinya mulai beralih dari pengamen jalanan menjadi musisi orkes sejak 1998 silam tepatnya 23 tahun silam. Saat itu, Sodiq pria asal Pasuruan, Jawa Timur ini mulai manggung dari satu acara ke acara lainnya di tempat asalnya.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit