Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Heboh! Lagu Dangdut ini Viral, Ketahuan Jiplak Karya Musisi Luar

img_title
Via Vallen cover Black Pink

JagoDangdut – Sebagai musik asli Indonesia, Dangdut kian digemari oleh berbagai kalangan. Tak hanya diakui di dalam negeri. Negara lain pun tersihir mendendangkan musik dangdut. Salah satunya, Joelina Bee penyanyi asal Amerika. Ia sudah punya beberapa single dangdut. Dan yang lebih membanggakan, Ia juga gunakan bahasa Indonesia dalam penggalan lirik di 2 lagunya.

Sangat disayangkan, saat popularitas musik dangdut mulai menanjak, beberapa lagu dangdut dibawakan oleh biduan tersohor sempat viral. Lagu milik mereka dituding menjiplak lagu dari musisi luar negeri. Lantaran terdapat persamaan. Sehingga, baik penyanyi serta pencipta lagu dangdut tanah air tersebut menerima hujatan netizen.

Daripada penasaran, langsung aja yuk, kita lihat lagu-lagu dangdut yang ketahuan jiplak lagu dari karya musisi luar negeri.

1. Via Vallen - Sayang dengan Kiroro - Mira E.

Sejak dirilis tahun 2017 lalu, Via Vallen dan lagu 'Sayang' meraup kesuksesan yang besar. Diketahui dari kanal YouTube label Via, sampai tahun 2020 ini, lagu 'Sayang' telah meraup lebih dari 190 juta views.

Setelah heboh lagu tersebut, terungkap fakta lagu 'Sayang' ciptaan Antonius Obama lebih dulu dipopulerkan oleh grup musik asal Yogyakarta bernama Om Wawes. Selain itu, sempat viral bagaimana musik lagu 'Sayang' percis dengan lagu berjudul 'Mira E'.

Diakui oleh sang pencipta, mengenai irama lagu 'Sayang' memang terinspirasi dari lagu Jepang yang dipopulerkan oleh Kiroro. Namun, makna lagu jelas berbeda. 'Sayang' berkisah tentang patah hati, sementara 'Mira E' tentang ibu.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit